Friday, July 3, 2015

Akik Bacan : Krisis Bahan Baku Di Tengah Tinggimya Permintaan



Gemstone News - Batu Bacan saat ini masih menjadi salah satu batu akik yang paling diminati masyarakat. Tingkat permintaan di sejumlah sentra batu mulia di tanah air juga menunjukkan bahwa batu asal Pulau bacan tersebut menjadi batu yang paling dicari. Wajar jika harganya saat ini relatif stabil dan cukup menjanjikan sebagai peluang usaha. POKER ONLINE|

Namun, kenyataan pasar tersebut nampaknya tak diimbangi dengan suplai bahan mentah untuk memproduksi batu Bacan sebagai perhiasan. Saat ini produksi batu mulia dan permata dilaporkan mengalami penurunan akibat minimnya bahan baku, baik di Ternate dan di Pulau Bacan. Sementara permintaan dari luar untuk batu Bacan dan Obi relatif tinggi. CEME

Salah satu seniman batu asal Ternate, Dimas Ardiansyah, mengeluhkan kenyataan bahwa pasokan bahan baku perhiasan permata dan batu mulia menurun drastis, bahkan tidak ada. Krisis bahan baku ini terjadi diduga karena sebagian besar penjual bongkahan di Ternate berasal dari luar daerah. Selain itu bulan Ramadhan juga menjadi faktor turunnya produksi batu mulia.

Situasi pasar sebelum Ramadhan menunjukkan pusat penjualan permata di Kota Ternate masih ramai pengunjung. Berbeda dengan dengan saat Ramadhan tiba, galeri maunpun konter batu mulia nampak lengang. “Mungkin fokus ibadah puasa, jadi agak sepi”, ujar Achil, salah satu pemilik lapak batu mulia di lantai 3 Pasar Kieraha.

Para pekerja Seni Permata Bacan kesulitan memperoleh bahan baku karena selama puasa aktifitas penambangan di semua lokasi dihentikan. Memasuki pekan kedua sejumlah tim eksplorasi mencoba kembali ke areal pertambangan, namun menurut pengakuan mereka “lubang” masih sepi. Akhirnya para pekerja seni batu mulia memilih tetap berproduksi dengan memaksimalkan sisa-sisa stok bahan baku sebelumnya.


Sumber: akikpedia

---------------------------------------------------------------



"4 TOP Games Dalam 1 User ID"
CAPSA SUSUN | POKER | DOMINO | ADUQ/CEME
Minimal Deposit 20rb
Minimal Withdraw 20rb
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam!
-Skype : pelangi_capsa
-BB : 2B3D585E
-Facebook : PelangiCapsa
-BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon

Salam WWW.PELANGICAPSA.COM#Terpopuler #jakarta #bandung


pw

No comments:

Post a Comment